PKS NEWS UPDATE:
« »

Sabtu, 09 Juni 2012

Ini Harta Kekayaan Milik Didik Rachbini

DEPOK – Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi rumah calon wakil gubernur DKI Jakarta, Didik Junaedi Rachbini, di Perumahan Pesona Depok Blok AS/4 Sukmajaya, Depok.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tim KPK kepada Didik dan istrinya seputar kepemilikan tanah, bangunan dan pendapatan yang diterima dari bangunan yang disewakan, serta harta bergerak dan tak bergerak.

Total hasil audit angka kekayaan Didik diketahui mencapai Rp7,79 miliar. "Ini jumlah koreksi setelah dilakukan penyesuain harga baru dari apa yang saya miliki," ujar Didik, Jumat (8/6/2012).

Ia menambahkan, sebelumnya harta kekayaanya juga pernah didata pada tahun 2006. "Saat itu totalnya ada Rp4,4 miliar," ungkapnya.

Kenaikan total harta yang ia milik dari Rp4,4 miliar menjadi Rp7,79 miliar ia akui adalah hasil dari usahanya dari berbagai bidang. Seperti dari pertanian, perkebunan dan pertambangan.

Disebutkan pula hasil dari rumahnya yang disewakan, gaji yang ia dapatkan dari jabatannya sebagai komisaris, guru besar dan dosen. "Juga sebagian ada dari hasil menjadi pembicara," ujar pria yang juga menjadi ekonom tersebut.

Gaji pertahun yang ia dapatkan dari jabatannya sendiri mencapai Rp570 juta pertahun. Kemudian Penghasilan dari bangunan yang disewakannya sebesar Rp85 juta. Selanjutnya ia menjelaskan rincian harta tidak bergerak yang ia miliki sebesar Rp3,8 miliar. Beberapa berasal dari surat berharga sebesar Rp20 juta "Ini (Rp20 juta) dari saham-saham kecil," imbuhnya.

Selanjutnya terdata harta Giro setara kas dan tabungannya sebesar Rp3,5 miliar. Ia pun memiliki simpanan uang Dollar sebesar USD8.300.

Sedangkan untuk harta tidak bergerak yang ia miliki terdata sebesar Rp444 juta. " Itu adalah jumlah dari harga mobil BMW tahun 2004 dan Honda Jazz yang saya miliki," paparnya.

Ia berkata hartanya yang mecapai Rp7,79 miliar tersebut ia kumpulkan selama 30 tahun ia berkarir. "Sebagian nanti akan ada yang dijadikan dana untuk kampanye saya," tambahnya.
Koordinator UPHKPN KPK Najib Wahito mengatakan dari hasil pendataan ini secara resmi akan diumumkan pada 14 Juni nanti. "Akan kami sampaikan bersamaan dengan pendataan cagub dan cawagub lain yang saat ini juga sedang didata," ujarnya.


sumber : http://jakarta.okezone.com/read/2012/06/08/505/643803/ini-harta-kekayaan-milik-didik-rachbini

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan